Jenis - Jenis Burung Hantu

       Kalian tau kan film Guardian Legend yang pemerannya utamanya adalah seekor burung hantu (owl). nah burung hantu juga di kabarkan dapat memutarkan kepalanya sampai 180 derajat, wah ga kebayang ya kaya apa jadinya??
Yuk kita pelajari macam macam jenis burung hantu, cek it out!!


1. Burung Hantu Celepuk Merah





       Dikenal juga dengan nama Reddish scops-owl serta memiliki nama latinOtus rufescens. Ukuran tubuh mereka sangat kecil, tingginya hanya sekitar 15-18 cm. Habitat celepuk merah adalah daerah dataran rendah dengan banyak pepohonan, perbukitan, serta hutan primer dan sekunder. Secara umum, habitat mereka berada pada dataran rendah, tetapi ada juga yang hidup di daerah dengan ketinggian mencapai 1.350 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran celepuk merah antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Semenanjung Thailand, dan Semenanjung Malaysia.

2. Burung Hantu Celepuk 

foto-clepuk

Dikenal juga dengan nama Indian Scops Owl dan memiliki nama latin Otus bakkamoenaHabitat clepuk adalah di dalam hutan dan area yang banyak pohonnya. Meskipun ukuran tubuh mereka hanya sekitar 23 - 25 cm, tetapi mereka adalah salah satu yang terbesar dari spesies scops owl. Mereka adalah pemakan serangga dan merupakan binatang nokturnal. Karena kemampuan kamuflasenya yang cukup mumpuni, akan sangat sulit menemukan mereka di siang hari. Daerah penyebaran Indian Scops Owladalah bagian selatan Asia meliputi Bagian Timur dari Timur Tengah, anak benua India, hingga ke beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

3. Burung Hantu Hingking

Foto burung hantu hingkik

Memiliki nama lain Beluk Jampuk atau Barred Eagle Owl serta memiliki nama latin Bubo sumatranus. Sering juga disebut dengan nama Malay Eagle OwlHabitat hingkik adalah di hutan tropis dan subtropis di dataran rendah. Daerah penyebaran Hingkik antara lain di Pulau Keeling, Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand.

4. Burung Hantu Seloputo

Foto Spotted Wood Owl

Burung yang dikenal juga dengan nama Spotted Wood Owl ini memiliki nama latin Strix seloputo. Termasuk kedalam spesies burung hantu yang berbadan besar. Tingginya sekitar 47 cm. Ada 3 sub-spesies dari Strix seloputo yaitu Strix seloputo seloputo (Myanmar dan Thailand Tengah hingga Singapura, serta Jambi (Sumatra) dan Jawa. Strix seloputo baweana(Endemik Pulau Bawean), dan Strix seloputo wiepkini (Pulau Calamian dan Palawan (Filipina)).

5. Burung Hantu Wowo-wiwi

Foto burung hantu wowo-wiwi

Dikenal juga dengan nama Serak Bukit atau Oriental Bay Owl, dan memiliki nama latin Phodilus badius. Burung hantu jenis ini memiliki wajah khas yang bisa dibilang mirip ular sendok. Tingginya sekitar 27 cm. Daerah penyebarannya adalah wilayah Asia Tenggara.

6. Burung Hantu Tito Alba

Foto burung hantu Tito alba

Dikenal juga dengan nama Burung hantu Tito, atau Serak Jawa atau Barn Owl. Jenis burung hantu ini bertubuh besar dengan tubuh bagian atas berwarna kuning tua kecokelatan dengan bercak halus, sedangkan bagian bawah berwarna putih dengan bintik hitam. Tingginya mungkin sekitar 34 cm. Ciri-ciri burung hantu Tito adalah memiliki wajah yang berwarna putih yang berbentuk seperti hati.  
Habitat burung hantu tito alba ini adalah daerah berpohon di tepi hutan, perkebuann, hingga taman kota dengan ketinggian mencapai 1.600 m di atas permukaan laut. Burung hantu jenis ini dapat ditemukan di seluruh benua, kecuali Antartika.

7. Burung Hantu Beluk watu Jawa


Foto burung hantu Beluk watu Jawa


Dikenal juga dengan nama Javan Owlet Glaucidium, serta memiliki nama latin Glaucidium castanopterum. Burung Hantu Jenis ini adalah burung endemik Pulau Jawan dan Bali. Habitat beluk watu jawa adalah di kantung-kantung hutan di dataran rendah dan perbukitan. Namun mereka juga sering terlihat di pekarangan desa, hutan primer dan hutan sekunder.


8. Burung Hantu Kokok Beluk

Foto Burung Hantu Kokok Beluk


Burung Hantu yang dikenal juga dengan nama Brown Wood Owl ini memiliki nama latin Strix Leptogrammica. Mereka termasuk jenis burung hantu berbadan besar. Tubuhnya setinggi 45-47 cm. Burung hantu jenis ini hidup di wilayah Asia Selatan seperti Sri Lanka dan India hingga ke Timur sampai ke Indonesia dan China Selatan.


9. Burung Hantu Salju




Burung Hantu Jenis ini tinggal di Bagian Utara yang dekat dengan daerah kutub. Dengan bulu-bulunya yang berwarna putih, dia dapat menyamarkan diri di tempatnya. Rata-rata burung ini panjangnya antara 52-71 cm. Jika Kedua sayapnya dibentangkan bisa sampai 150cm, dia tinggal di daerah Kanada.


Sepertinya seru ya memiliki salah satu dari jenis burung hantu diatas. Karena saya pun termasuk pecinta burung hantu.


By :   

   AZL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emulator PlayStation 2

Digimon X Movie